Wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Air terjun Madakaripura diyakini sebagai tempat meditasi salah satu Raja Majapahit bernama Hayam Wuruk patih Gajah mada, dari kerajaan besar Majapahit di Jawa Timur, Air terjun ini menjulang tinggi dan akrab dijuluki air terjun abadi karena airnya tidak pernah berhenti untuk menuangkan turun hujan tak berujung berkat mereka yang cukup beruntuk untuk berjalan di bawahnya

Terletak tidak terlalu jauh dari Gunung Bromo dekat desa sapih , di distrik Lombang , untuk menuju Air terjun Madakaripura akan menempuh waktu sekitar tiga jam perjalanan dari Surabaya . Air terjun spektakuler terletak tersembunyi di ujung lembah yang dalam di kaki bukit pegunungan Tengger . Untuk mencapai ini, pengunjung harus perjalanan sekitar 20 menit menyeberangi sungai dan jalan berbatu , menetapkan di antara pemandangan indah sepanjang jalan , sebelum mencapai pintu masuk. Berikut patung Panglima besar Majapahit , Gajah Mada , dalam posisi duduk meditasi mendalam menyambut para pengunjung sebelum mereka melanjutkan lebih lanjut dengan berjalan kaki .
Menurut puisi Jawa Kuno abad ke-14 epik , Negarakretagama , Air terjun Madakaripura adalah sebidang tanah yang diberikan kepada Komandan Gajah Mada oleh Raja Majapahit Hayam Wuruk . Gajah Mada sendiri adalah komandan militer paling terkenal dalam sejarah besar Jawa Kerajaan Majapahit yang berkembang antara 1293 sampai 1500 AD . Komandan itu diakui sebagai tokoh utama yang berhasil mempersatukan seluruh Nusantara Indonesia kemudian di bawah kerajaan Majapahit besar ( yang pada saat itu dikatakan untuk meregangkan sampai Singapura, Malaysia, Brunei, Thailand Selatan , Filipina dan Timor Timur ) di bawah terkenal sumpah "sumpah Palapa”.
Dikatakan bahwa sumber kekuatan luar biasa dan kemampuan terletak dalam gua air terjun Madakaripura , di mana Gajah Mada sering datang untuk bermeditasi . Besar Komandan akhirnya memilih tempat tersebut sebagai tempat terakhirnya untuk mediasi sebelum ia diyakini telah memiliki kitap Jawa Kuno percaya - " Muksha " - atau menghilang secara spiritual dan fisik dari muka bumi , bukan hanya mati secara fisik . Untuk menghormati warisan ini , banyak orang masih mengunjungi untuk bermeditasi atau melakukan ritual , terutama pada malam 1 Suro , Tahun Baru Jawa, sebagai tempat yang signifikan secara historis , budaya sakral , dan tentu memukau.


Suasana keagungan alam memancarkan keindahan di sekitar seperti keindahan  memukau tirai air menutupi jalan , yang tidak hanya akan menyenangkan mata , tetapi juga tubuh menyegarkan dan jiwa . Di sini , alam anggun menuangkan hadiah menyegarkan tak berujung , membuatnya basah cukup tak terelakkan.

Dalam rute perjalanan ada sebuah lembah yang dihiasi dengan sebuah gua di dinding yang diyakini sebagai lokasi tepat di mana Panglima Gajah Mada melakukan meditasi terakhirnya . Air terjun Madakaripura bahkan dijuluki sebagai air terjun tertinggi di Jawa dan air terjun tertinggi kedua di Indonesia setelah Air terjun Sigura – gura dekat Danau Toba , Sumatera Utara.


 
Dikelilingi oleh dinding yang tinggi, Kejatuhan mengalir ke bawah menuju ruang-ruang alami mengandung mistis . Di dalam 200 meter ruang , sinar matahari bersinar melalui tercermin ke hijau lumut basah di dinding berbatu disertai dengan suara gemuruh air yang pernah menciptakan sebuah tontonan tidak ditemukan di tempat lain . Dihiasi dengan batu-batu besar , air tanpa henti jatuh , dan berkilau lumut , hanya satu perlu menatap ke langit jauh dan membenamkan diri dalam keindahan alam. Sementara adegan menarik dapat ditangkap pada kamera , sensasi sejati berada di salah satu tempat yang paling menonjol di bumi hanya dapat dirasakan di Air terjun ini.

 

Sebelum Wisatawan memasuki 1Km sebelum pusat Air terjun, Wisatawan harus jalan kaki yang akan di pandu oleh Guide – Guide lokal. Sebelum Wisatawan memulai perjalanan menuju Air terjun di harapkan untuk mempersiapkan perlengkapan seperti sandal, payung, tas kresek, dll agar Wisatawan bisa terhindar dari percikan Air terjun. Selama perjalanan Wisatawan akan melintasi tepi sungai yang berasal dari tetesan Air terjun.
Previous
Next Post »